Cara Flash Semua HP Xiaomi dengan Mi Flash Tool

 Flash HP memang sering dilakukan pada sebuah smartphone jika terjadi kerusakan pada software, bahkan saat terjadi kerusakan pada hardware, beberapa orang mencoba memperbaiki dengan flash HP tersebut, berharap HP nya bisa kembali normal. Kebanyakan sih orang awam yang tidak mengerti tentang mesin HP.

Cara Flash HP Xiaomi Semua Tipe

Flash HP adalah menginstal ulang sistem operasi sehingga kondisi software HP menjadi baru. Jadi jika terjadi kerusakan, bug pada software, atau ada virus di HP, flashing HP menjadi solusinya.

Nah, di artikel kali ini mimind akan membagikan tutorial atau Cara Flash Semua HP Xiaomi dengan menggunkan MI Flash.

Cara Flash HP Xiaomi dengan Mi Flash

  1. Buka Mi Flash Tool.
  2. Masukkan HP ke mode fastboot.
  3. Hubungkan HP ke PC
  4. Jalankan flashing dengan ROM atau firmware yang sesuai.
  5. Tunggu proses flashing hingga HP menyala. Biasanya memakan waktu agak lama.
  6. Selesai, HP siap digunakan kembali.
Itulah cara mudah Flash HP semua tipe Xiaomi. Buat kamu yang masih awam dalam flashing HP, tenang saja, mimind bakal bahas tuntas sampai ke akar - akarnya untuk tutorial flashing ini. Simak artikel ini sampai habis ya.

Cara Downlad dan Instal Mi Flash

Mi Flash Tool merupakan perangkat lunak gratis dari Xiaomi untuk keperluan flashing. Kamu bisa download software ini di https://xiaomiflashtool.com/category/download, bisa pilih untuk versi yang terbaru.

Xiaomi Flash Tools

Setelah berhasil di download, kamu akan mendapatkan file dengan format .zip, ekstrak terlebih dahulu ke lokasi yang kamu inginkan. jika sudah instal Mi Flash Tool dengan cara berikut.

  1. klik kanan dan pilih instal pada file dengan format .exe, MiFlash****.exe (sesuai versi yang kamu unduh).
  2. Kemudian pilih lanjutkan atau next hingga proses instalasi berjalan.
  3. Setelah selesai, klik kanan icon Mi Flash Tool pada desktop dan Run as Administrator.
  4. Mi Flash Tool siap digunakan untuk flashing HP.

Cara Mencari Firmware atau ROM Xiaomi yang Tepat

Untuk Firmware, kamu bisa cari di https://c.mi.com/global/miuidownload/index. Cari sesuai tipe HP yang akan di flash dan versi yang diinginkan. Agar flashing lebih mudah, extract firmware pada 1 folder khusus, jangan pilih "extract here".

Hasil unduhan berupa file .zip, jangan lupa untuk di ekstrak dulu. Cek di Cara Extract File Compressed. Jika file yang diunduh benar, maka hasil extract akan seperti gambar dibawah.

Hasil Extract Firmware Xiaomi

Jika kamu hasil download kamu memiliki format .tgz atau .tar, extract dulu file tersebut, kemudian akan muncul file tanpa ekstensi dan tinggal ganti namanya dengan tambahan .zip dibelakangnya. Kemudian extract lagi, dan hasilnya adalah file firmware seperti di atas.

Firmware Xiaomi TGZ dan TAR

Firmware tanpa Ekstensi

Oh iya, pastikan kamu sudah menonaktifkan "Hide ekstensions for known file type" pada pengaturan "folder option" di PC kamu.

Menampilkan ekstensi file

Cara Pasang Driver Mi Flash Tool

Mi Flash Tool terbaru sudah memiliki driver, jadi kamu tidak perlu repot - repot cari driver lagi. Tapi, jika HP yang akan kamu flash tidak terdeteksi, coba instal salah satu driver di bawah ini.

Cara Lanjutan Flashing HP Xiaomi

Langkah - langkah flashing secara singkat seperti yang sudah kita bahas di atas. Sekarang kita bahas tentang cara flashing lanjutannya untuk kamu yang masih awam, dan masalah - masalah yang terkadang muncul saat kita akan flash HP Xiaomi.

1. Masuk ke Mode Fasboot

Bagaimana cara HP Xiaomi masuk mode fastboot? matikan HP, kemudian tekan dan tahan beberapa detik tombol power + volume down secara bersamaan. Tunggu hingga muncul logo fastboot.

Jika HP kamu tidak masuk ke mode fastboot, misal mengalami hardbrick, coba masuk ke mode EDL. Cek di Cara Masuk ke Mode EDL HP Xiaomi Semua Tipe.

2. Hubungkan HP Ke PC

Saat menghubungkan HP ke PC, pastikan tidak ada tanda seru (!) pada device manager. Jika ada, berarti HP tidak terhubung dengan baik ke PC, coba gunakan driver yang ada di atas.

Jangan lupa juga klik "refresh" pada Mi Flash Tool, pastikan HP kamu sudah terdeteksi.

3. Jalankan Flashing

Sebelum proses flashing, pastikan kamu sudah mengunduh firmware yang sesuai dengan HP kamu. Klik select, dan pilih lokasi folder dimana kamu sudah mengextract firmware yang sudah di download.

Pada bagian bawah Mi Flash Tool ada pilihan sebagai berikut :

  • Clean all : Seluruh data dan aplikasi hilang.
  • Save user data : Data pengguna tetap aman, tapi aplikasi akan hilang.
  • Clean all and lock : seluruh data dan aplikasi akan hilang dan bootloader akan terkunci.

Baca : Apa itu Bootloader?

Pilih "Clean all", jangan lupa back up data HP sebelum di flash. Cek Cara Back Up Data HP Xiaomi Sebelum di Flash.

Bagaimana jika HP Bootlop atau Hardbrick? Apa data - datanya tidak bisa diselamatkan? Cek Cara Menyelamatkan Data HP Bootlop Sebelum di Flash.

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, klik flash.

4. Flashing Done

Jika proses flashing selesai, akan muncul laporan "flash done". Tunggu HP hingga menyala, jika tidak kunjung nyala, silahkan cabut kabel USB dan nyalakan manual.

Flash done

Demikian Tutorial atau Cara Flash Semua HP Xiaomi, semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih

Next Post
No Comment
Add Comment
comment url