Cara Tepat Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam - HP adalah salah satu gadget yang selalu kita bawa kemana-mana. Bepergian, nongkrong, hingga saat bersantai pasti kita tidak akan jauh dari HP kita. Bahkan banyak juga loh orang yang memiliki kebiasaan bawa HP ke kamar mandi.

Karena itulah, HP juga memiliki resiko mengalami kecelakaan seperti terjatu atau kena air. Kalau jatuh hingga parah dan menyebabkan pecah dibagian tertentu, cara mengatasinya tentu dengan memperbaikinya membawa ke service center ataupun reparasi HP.

Kalau kena air sih masih bisa kita atasi sendiri dengan memberi pertolongan pertama. Untuk HP yang terkena air ataupun jatuh ke dalam air, pertolongan pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mematikan HP dan mencopot baterai.

Tujuannya adalah untuk menghentikan aliran listrik yang ada pada komponen-komponen HP. Karena penyebab rusaknya HP setelah kena air adanya konslet akibat aliran listrik yang terkena air.

Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

Tapi bagaimana kalau HP ternyata menggunakan baterai non-removable alias baterai tanam yang tida mudah dicopot? Apakah masih bisa diberikan pertolongan pertama? Apalagi kebanyakan sekarang HP menggunakan baterai tanam.

Tenang, kamu masih bisa kok untuk mencoba menyelamatkan HP meskipun menggunakan baterai tanam. Berikut cara mengatasi HP kena air yang pakai baterai tanam.

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam

1. Segera Matikan HP

Yang harus pertama kali dilakukan ketika HP kena Air adalah mematikan perangkat HP tersebut. Meskipun tidak sampai mencopot baterai, kita mungkin bisa menghentikan aliran listrik di beberapa komponen HP.

2. Copot SIM Tray

Upaya yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan melepas atau mencopot SIM Tray. Dengan begitu bagian dalam HP akan mendapatkan lebih banyak pasokan udara. Berharap air yang sudah masuk ke dalam bisa lebih cepat kering.

3. Bersihkan Air dengan Tisu atau Kain

Untuk air yang ada dibagian luar HP, lebih baik kita keringkan terlebih dahulu. Agar air tidak masuk dan membuat air di dalam HP bertambah banyak. Kamu bisa menggunakan tisu atau kain kering untuk membersihkannya.

4. Kibaskan HP

Dengan mengibas-ngibaskan HP, kita juga bisa membuat air yang didalam HP bisa keluar dan kering lebih cepat.

5. Gunakan Blower

Untuk membantu proses pengeringan, kita bisa menggunakan alat seperti blower atau sejenisnya. Dengan panas yang dihasilkan, kemungkinan air juga bisa lebih cepat mengering. Tapi jangan terlalu berlebihan ya, karena panas yang berlebih juga bisa merusak komponen HP terutama bagian LCD.

6. Masukkan dalam Beras

Mitosnya sih beras bisa digunakan untuk mengeringkan HP yang kena air. Dengan cara meletakkan HP dalam tumpukan beras. Meskipun hanya mitos, kamu bisa coba lakukan hal ini. Rendam atau masukkan HP dalam tumpukan beras selama beberapa menit.

Apakah HP Baterai Tanam yang Kena Air bisa Diselamatkan?

Bisa kok, dengan cara di atas kita bisa mencoba menyelamatkan HP yang kena air meskipun baterai tanam. Air tidak akan mudah masuk ke dalam bagian HP, jadi asalkan HP tidak terendam penuh dalam waktu yang lama masih ada peluang untuk diselamatkan.

Meskipun aliran listrik tidak sepenuhnya bisa diputus karena kondisi baterai masih terpasang, kita bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk membuat air lebih cepat kering. Berharap air bisa segera kering sebelum mengenai bagian vital komponen HP.

1 hal yang membuat HP yang terkena air sama sekali tidak bisa diselamatkan. Yakni HP terkena air laut atau cairan lainnya yang memiliki sifat korosif tinggi. Selain cepat menyebabkan korosi, air laut juga lebih cepat bereaksi terhadap aliran listrik sehingga kemungkinan terjadi konslet lebih cepat.

Jadi selama tidak terendam lama dan bukan air laut, kita bisa mengatasi HP kena air baterai tanam dengan cara ini. Kalau sudah ikuti langkah di atas tapi masih ada kendala pada HP, lebih baik segera bawa HP ke service center atau tempat reparasi HP.

Tapi ingat ya, kena air adalah salah satu hal yang membatalkan garansi karena termasuk kesalahan pengguna (human error). Jadi mungkin kamu akan dikenai biaya perbaikan meskipun pergi ke service center.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url